Temukan Senyawa untuk Obat Covid-19: Peneliti Indonesia Mulai Lakukan Uji Coba Hewan

Temukan Senyawa untuk Obat Covid-19: Peneliti Indonesia Mulai Lakukan Uji Coba Hewan

Para peneliti Universitas Airlangga Surabaya mengatakan telah menemukan beberapa senyawa yang mampu menangkal Covid-19.

Senyawa yang berjumlah 5 itu memang belum dikemukan identitasnya, karena pengujian belum rampung. Tapi ini merupakan angin segar untuk menyejukkan kepala dari kepenatan pandemi ini.

Lima senyawa tersebut sekarang telah memasuki tahap pengujian secara in vivo (pengujian yang dilakukan pada organisme hidup) yang sebelumnya secara in vitro (pengujian dengan media buatan).
Jadi ia kemungkinan akan diuji kepada hewan terlebih dahulu.

Anggota Tim Riset COVID-19 Unair Prof Dr Ni Nyoman Tri Puspaningsih mengatakan uji praklinis ini dilakukan guna melihat toksisitasnya atau tingkat kerusakan zat yang dipaparkan pada organisme.

“Uji praklinis ini kita lakukan selama 1,5 bulan. Dari hasil uji tersebut akan diketahui dosis-dosis yang pas. Alhamdulillah dalam proses pengujian praklinis tidak ada kendala, dan dalam waktu dekat akan kita lanjut ke pengujian pada hewan,” ungkap Nyoman dikutip dari Basra partner 1001 media Kumparan.com, Selasa (26/5).

Hewan yang akan dipakai oleh Nyoman dan kawan-kawan peneliti adalah mencit dan tikus. Ini akan melibatkan sekitar 100 ekor mencit, dan prosesnya akan memakan waktu selama 3 bulan.

Setelah muncul hasil pada mencit dan tikus, barulah diuji pada manusia. Namun dalam uji hewan ini, Nyoman mengatakan jika pihaknya akan melakukan pengujian pada dua senyawa dulu.

“Setahap demi setahap. Ini karena biaya-nya juga mahal,” kata Nyoman.

Para peneliti berharap ini akan berhasil dan segera menyudahi pandemi di Indonesia.

“Karena ini kan OPB (obat pengembangan baru), kita inginnya punya obat disintesis di Indonesia, pemikiran dari para peneliti Indonesia. Sehingga kemudian nanti bisa jadi obat yang spesifik untuk menangani COVID-19. Karena sekarang kan blm ada obat yang spesifik,” tutup Nyoman.

Sebarkan di Social Media

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *